GAMBARAN UMUM DESA

PETA DESA SIDOMUKTI

Desa Sidomukti memiliki luas sebesar 381.511 hektar. Desa ini berbatasan sebelah Utara dengan Desa Ngemplak Kidul, sebelah Timur berbatasan dengan Desa Pohijo, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Mojoagung dan Desa Tanjungrejo, dan sebelah Barat berbatasan dengan Desa Soneyan. Desa ini berada pada suhu 28 – 34 derajat Celcius. Jumlah penduduk yang diketahui dari tahun terakhir sebanyak 5.176 jiwa yang dimana didalamnya terdapat 1438 KK (kepala keluarga). Desa Sidomukti memiliki 4 nama dukuh, yaitu : Golilo, Pejaten, Gesing dan Kampung Anyar, yang dimana dukuh Golilo merupakan yang terbesar yang terbagi menjadi Golilo Lor Kali dan Golilo Kidul Kali. Desa ini juga memiliki 4 RW dan 19 RT.

Desa Sidomukti di pimpin oleh Kepala Desa yang bernama Karwito,S.Pd, MM. Dari yang dulunya hanya seorang guru olahraga di SD Negeri Sidomukti 02 Karwito,S.Pd, MM sekarang menjadi pemimpin yang disukai rakyat dengan dibuktikannya telah menjabat dua periode, hal tersebut dikarenakan pada masa kepemimpinannya pembangunan di desa ini maju sangat pesat sekali. Desa ini sangat dikenal dengan hasil industrinya yaitu tepung tapioka.

Desa ini Sebagaimana umumnya kehidupan masyarakat jawa, desa ini sangat mengutamakan permusyawarahan dalam segala bentuk penentuan keputusan didesa tersebut. Rasa persaudaraan antar individu maupun kelompok sangat terjalin erat di desa ini. Terlihat dengan banyaknya komunitas pemuda yang saling menghargai dan sangat bersahaja. Mulai dari komunitas motor CB, komunitas motor Vespa hingga komunitas sepeda, mereka saling menghargai satu sama lain. Hal lain yang menarik dari desa ini adalah perayaan sedekah bumi serta perayaan malam takbiran menjelang hari raya idul fitri. Biasanya dua kegiatan tersebut berlangsung secara meriah dengan segala jenis hiburan rakyat baik tradisional, modern, maupun religi. Kegiatan yang diadakan sekali dalam satu tahun itu juga menarik perhatian warga desa lain karena kemeriahannya.